Dari 2011 - 2018, 32ribu Mahasiswa Peroleh Beasiswa Bidikmisi PTKI

By Admin


nusakini.com-Semarang-Sejak 2011, Kementerian Agama telah memberikan beasiswa Bidikmisi kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Kasi Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ruchman Basori mengatakan kalau lebih tiga puluh ribu mahasiswa mendapat beasiswa ini.  

"Kementerian Agama telah memberikan Beasiswa Bidikmisi dari tahun 2011-2018 untuk 32.000 mahasiswa," terang Ruchman saat menyapa penerima beasiswa Bidikmisi pada Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Sabtu (20/10) di Semarang. 

Menurut Ruchman, sebanyak 30.180 adalah mahasiswa PTKI Negeri (UIN, IAIN dan STAIN). Sedang 1.820 adalah mahasiswa PTKI Swasta.  

"Bidikmisi untuk PTKI swasta baru dimulai tahun 2015 untuk 220 mahasiswa. Lalu masing-masing 500 mahasiswa di 2016 dan 2017, serta 600 mahasiswa di 2018," ujarnya.  

"Mereka mendapatkan beasiswa full studi selama 4 tahun," lanjutnya.  

Meski belum sesuai dengan harapan publik PTKI, kata Ruchman, pemberian beasiswa ini telah membuktikan kehadiran negara untuk kalangan yang kurang mampu agar bisa kuliah di PTKI. "Lemah ekonomi, lemah akses, lemah modal yg menyebabkan mereka tidak mampu studi menjadi sarjana. Dengan bidikmisi, mereka bisa mengaksesnya," tuturnya.  

Selain Bidikmisi, Kemenag jug memberikan sejumlah bantuan kemahasiswaan, di antaranya: Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Adiktis) Daerah 3T, bantuan tahfidz Al Quran, bantuan prestasi akademik, bantuan pemagangan mahasiswa dan bantuan lembaga kemahasiswaan. 

Dekan Fakultas Agama Islam Unwahas Nur Kholid menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Agama yang telah memberikan Beasiswa Bidikmisi dalam tiga tahun terakhir. “Amanah ini akan kami kelola dengan baik, semoga makin banyak anak-anak bangsa mengenyam pendidikan tinggi dengan beasiswa bidikmisi dari Kementerian Agama," katanya. (p/ab)